Samsung Notes, Aplikasi Andalan Keluarga Multimedia



Game level 12 sudah dimulai!!!
Tepatnya 2 hari yang lalu, yaitu pada tanggal 19 Maret 2020, fasilitator kami memberikan gambaran tugas game terakhir ini.

Topik materinya adalah Keluarga Multimedia. Boleh dibilang, ini tuh topik kesukaan mamak sih emang. Ehehehehe...

Segala hal yang berbau multimedia, digital, dan apalagi online tuh adalah passion lain dalam diriku.

Ya, tau sendiri lah ya. Mamak yang suka berceloteh ini -- ditambah kerjaannya selalu secara online alias daring, kebayang betapa nyambungnya dengan topik ini.

Inti materinya adalah bagaimana kemajuan-kemajuan teknologi yang berjalan saat ini bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam berbagai aspek.

Nah, loh!
Pusing ga tuh baca kalimat mamak tadi? Kalimat puaaanjang yang sangat kurang efektif. Ha Ha Ha.

Silakan dicerna pelan-pelan aja ya.
Mamak mau mulakan postingan perdana level 12 ini pada hari ini. Targetnya bismillahirrohmanirrohim, pengen OP sekaliiii aja di kelas ini. Hiks.

Sebuah cita-cita. Karena memang mamak sadari, kelas Bunsay ini betul-betul challenging. Dirancang sedemikian rupa agar para siswa langsung bisa punya skill dan paham melalui praktek.

Nanti mamak bagikan perasaan tentang kelas ini dalam postingan aliran rasa ajalah yaa...

Cuss langsung ke tantangan 10 hari game level 12!!!

Instruksi Game level 12


Untuk tugas level ini, mamak memecahnya menjadi beberapa langkah:


  1. Melihat isi aplikasi yang diinstall di HP.
  2. Memilih 15 aplikasi untuk direviu.
  3. Menjadwalkan reviu di rumah mamak ini.
  4. Mengatur alarm submit tugas.
  5. Menyapa dan berbagi energi positif bersama teman di kelas.

Kalau ditanya:
Kenapa mesti liat isi HP dulu? 
Karena HP mamak memang ada banyak aplikasi. Semuanya mamak pakai dan insyaallah bermanfaat.


Kenapa pilih 15 aplikasi? 
Karena level ini mamak mau coba pasang target OP. Cita-cita mamak untuk OP di kelas ini. Biar mamak semangat untuk lanjut tingkat nanti. Jujur soalnya pada tingkat Bunsay ini mamak 'keteteran' sekali atur waktunya. Hiks.


Menjadwalkan reviu maksudnya apa?
Jadi gini, mamak akan pakai rumah ini untuk dokumentasikan tugas Bunsay level 12 ini. Nah, artinya menulis di blog. Untuk kegiatan blogging ini, mamak ada jadwal tertentu. Jadi, sebisa mungkin saat mamak buka blog udah bikin draft untuk reviu berikutnya.


Kalo mengatur alarm submit tugas tuh biar apa, Mak?
Biar mamak ga lupa setor. Kemudian nangis di pojokan. Keinget ga ada prestasi selain main aman. Huhuhuhuhu


Nah, untuk sapa dan spread positivity itu sih harus yaaaa. Karena Bunsay Batch 5 Kelas Sumatera 1 ini punya misi untuk lulus bersama. AAaaaamiin.


Duh, kok udah kaya bikin aliran rasa aja nih ya? Ha Ha Ha.

Lanjut nih! Mamak mau reviu 1 aplikasi penting hari ini. Sesuai instruksi di atas tadi loooh...

Tadaaaaa...

Lagi update pembaruan app

Inilah aplikasi pertama yang akan mamak reviu. Namanya adalah Samsung Notes. Ini kebetulan karena memang sudah bawaan dari Hp ya.

Yang mau mamak tekankan adalah fungsinya sebagai buku catatan digital.

Jadi, para mamak dan para bapak bisa pakai aplikasi notes apapun kok. Cuma, yang diinstall di Hp mamak ya Samsung Notes ini.


Fitur Menarik Samsung Notes

Mamak suka pakai aplikasi ini karena memang orangnya gampang lupa. Hampir semua hal dicatat. Segitu aja rajin mencatat masih banyak aja yang terlewat. Itulah kenapa, Samsung Notes ini jadi salah satu aplikasi andalan bagi mamak.

Penilaian penggunanya bagus

Alasan pertama adalah karena ini bawaan Hp. Jadi, mamak ga perlu repot install lagi kaaan? Ga makan tempat penyimpanan lagi kaaaan? Ha Ha Ha

Se-simple itu ya, Mak.
Ya doong. Memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal. Biar ga mubazir. Ga mubazir kuota buat unduh lagi. Ga mubazir tempat penyimpanan alias memori. Jadi, mamak putuskan pake yang udah tersedia aja.

Walaupun dulu mamak ada unduh aplikasi catatan serupa dan beli yang premiumnya. Tapi udah ga mamak pasang lagi sekarang. Sayang soalnya. Sayang memori, Maaak. Ngapain kan dobel-dobel aplikasi dengan fungsi yang sama?

Alasan kedua adalah karena fitur yang disediakan oleh aplikasi Samsung Notes itu sudah cukup sekali bagi mamak. Berikut fitur-fitur kece dari Samsung Notes:

  • Ceklis. Fitur ini seperti membuat catatan untuk to-do-list atau to-buy-list gitu. Sebuah catatan yang bisa dicentang bila sudah dikerjakan.
  • Label. Setiap catatan kita bisa dikelompokkan sesuai kategorinya. Kita bisa pakai fitur label ini. Seperti mamak biasanya catat laporan kerjaan, kemudian diberi label kerjaannya. Atau catatan terkait kegiatan blog, mamak bikin label 'writing'. Kira-kira begitu ya.
  • Reminder. Setiap catatan kita bisa dipasang alarm pengingat. Baik berupa notifikasi atau pun alarm yang disambungkan ke waktu (jam dan kalender).
  • Beragam Pena dan Warna. Ga hanya untuk catat-catat pakai keyboard Hp aja, Samsung Notes ini bisa juga pakai mode handwriting alias tulisan tangan. Cocok buat yang suka, tapi ga sering mamak pake. Kecuali fitur warnanya. Mamak orangnya nih visual dan auditory banget. Jadi, penggunaan ragam warna ini membantu sekali.
  • Ragam format file. Jadi, kita ga cuma simpan catatan ini di Hp aja. Bisa juga disimpan dalam bentuk file seperti image, pdf, word, txt, dan pastinya format khusus SDOC (Samsung Notes Files). Makanya mamak sering pake aplikasi ini untuk laporan kerjaan. Langsung simlen dalam bentuk pdf dan kirim ke email klien deh. Ga pake ribet. ^^
  • Lock. Kalau ada catatan rahasia, bisa loh kita kunci. Hi Hi Hi. Karena ada fitur lock alias kunci untuk catatan di Samsung Notes ini. Rahasia? Amaaaan.
  • Paint. Aplikasi ini tuh semacam notes dan paint digabung jadi satu. Selain kita bisa tulis-tulis dan catat-catat, kita bisa juga menggambar di Samsung Notes. Gambarnya bisa kita simpan di galery langsung.
  • Pengaturan Huruf dan Paragraf lengkap. Seperti halnya Ms. Word. Kita bisa menulis di Samsung Notes ini dengan memilih ragam font, ukuran, warna, cetak tebal-miring-garis bawah, rata tengah-kiri-kanan, juga bulleting dan numbering.

Pokoknya, dengan aplikasi catatan yang sudah langsung didapat dari Hp ini mamak merasa sangat cukup terbantu. Juga semakin menarik karena fiturnya yang lengkap seperti mamak sebutkan tadi.

Mamak mereviu aplikasi ini karena mamak merasa penggunaannya dapat membantu meningkatkan produktivitas mamak. 

Catatan Mamak


Menggunakan aplikasi catatan seperti ini membuat mamak sedikit lebih teratur. Seperti dalam catatan ceklis, mamak jadi tahu apa saja yang harus dikerjakan - yang sudah dikerjakan - juga yang belum dikerjakan.

Juga menjadi efisien karena membantu mamak membuat laporan pekerjaan. Seperti report pitch siaran dan lain sebagainya.


Nah, kalo teman-teman gimana? Pakai aplikasi apa untuk kegiatan catat-mencatat dari Hp?


#diamdirumah masih tetap bisa produktif dengan aplikasi bermanfaat kaya gini dong yaaa...

#14hariantimatigaya
#ibulawancorona
#institutibuprofesional
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#BunsayBatch5
#KeluargaMultimedia
#day1

Related Posts

3 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter