Manfaat Whatsapp Bagi Para Emak


Hari kedua mamak akan berbagi rekomendasi lagi. Yuhuuuu...

Masih seperti yang sudah mamak jelaskan sebelumnya ya. Jadi, ini adalah reviu aplikasi yang diinstall di Hp mamak. Dimulakan dengan aplikasi yang memang sudah mamak pakai dari sebelum tugas ini ada.

Nah, nanti akan ada juga aplikasi-aplikasi yang baru mamak pakai hasil dari sharing materi level 12 ini.

Sekarang mamak berbagi aplikasi chat ya. Jadi, di Hp mamak ni ada beberapa aplikasi chat. Ada Whatsapp (WA), Telegram, Fb Messenger, dan Message (pesan). Yang terakhir itu adalah aplikasi dasar dari semua Hp lah yaa...

Dulu, mamak ada install juga aplikasi chat seperti Line, Kakao Talk, apalagi? Sebutin dah! Ha Ha Ha.

Berhubung seringnya ga terlalu dipake, trus juga isi kontaknya sama aja dengan yang di WA dan Tele, akhirnya mamak uninstal aja. Mamak kurang aktif juga pake Line itu. Sampe suatu hari, sebuah komunitas yang mamak ikuti bilang:

Kordinasi event dan lain - lain pindah ke Line yaaa...


Alamaaaaak...
Padahal udah pake WA, kenapa pula dibikin ribet kan? Ha Ha Ha. Secara kan ya, fungsinya sama dan WA di jaman now itu sudah seperti aplikasi wajib semua orang toh?

Demi kekompakan dan keberlangsungan, mamak pun install Line kembali. Sayangnya, faktor U yang mulai berperan. Mamak lupa password, gaesssss...

Plis, jangan diketawain yah. Ya udah deh, mamak bilang jujur aja ke teman komunitas. Bilang bahwa mamak lupa password dan belum berhasil login Line lagi. Gitu deh.

Untuk memudahkan, mamak ga ambil pusing lagi. Cukup pakai aplikasi chat WA dan Telegram aja untuk berkomunikasi dengan kontak yang ada.

Sementara aplikasi Message alias pesan bawaan Hp, sudah sangat jarang digunakan. Isinya hanya notifikasi provider, pemerintah, dan yang paling sering adalah sms random para lintah darat.


Whatsapp alias WA

Seperti yang mamak tulis di gambar itu tuh. Whatsapp adalah aplikasi sejuta umat. Hampir ga ada lagi, smartphone yang ga punya Whatsapp. Itu salah satu alasa  kenapa mamak install WA.

Secara lebih rinci, bisa mamak sebutkan beberapa alasan kenapa memilih WA sebagai aplikasi yang akan direviu sebagai berikut:


  1. Semua Orang Pakai. Apa artinya chatting tanpa lawan? Kalo mamak pake messenger, apa bisa yang pake WA chat mamak ke Fb messenger? Ga bisa toh? Kecuali ya dia intall Fb messenger dulu, barulah kita bisa sama-sama chat di Fb messenger. Sama halnya dengan WA ini.
  2. Gratis. Karena sudah termasuk dalam layanan paket data umum. Kalo jaman dulu ada Hp Blacberry kan? Nah, itu kuotanya terbagi-bagi per aplikasi. Ada yg cuma untuk BBM-an aja. Ada yang buat web aja tapi ga bisa buka aplikasi lain. Hmmm... kan repot. WA sih nggak ya.
  3. Bisa lampirkan beragam file. Seperti yang kita tahu. Yang membedakan WA dengan aplikasi pesan bawaan Hp adalah koneksinya langsung ke internet. Semacam berkirim email secara live. Bisa juga lampiran foto, pdf, word, video, dll.
  4. Bisa voicenote. Kalau malas ngetik bisa kirim pesan suara aja.
  5. Voice call dan Video call. Gak cuma chat alias ngetik senam jempol. Pake WA kita bisa langsung telpon kontak yang ada. Boleh panggilan suara maupun video.
  6. Ragam emoji dan stiker lucu. Kalo emoji kan udah biasa ya. Kalo stiker, dulu hanya bisa di Line, Kakao Talk, yang gitu-gitu. Nah, sekarang di WA bisa pake stiker juga. Jadi lebih hidup!
  7. Kirim lokasi. Ketika ada yang tanya alamat, mamak tinggal klik swnd location. Beres deh!
  8. Kirim kontak lebih mudah. Tanya nomornya si Marimar? Tinggal kirimkan aja dari kontak. Trus nyimpennya jadi lebih gampang. 


Apalagi ya?
Yang di atas itu lebih ke alasan mamak pake WA berdasarkan fitur yang tersedia. Selain itu, mamak pake WA ga cuma untuk interaksi.

Fungsi WA yang tadinya adalah aplikasi perpesanan, sudah naik kelas sekarang. WA sudah masuk kategori media sosial. Dari WA kita bisa update story. Kaya yang di Instagram itu. Di FB pun sekarang ada fitur ini. Bisa dibilang WA ini ya salah satu medsos juga lah ya. Terlepas apakah kemiripan fitur ketiganya ini karena produk dari pemilik yang sama.

Melihat kelasnya pada jajaran media sosial ini, mamak ga mau dong menyia-nyiakan peluang. Sebagai mamak kulak dari dulu sampe sekarang, mamak pun beraksi.

Ha Ha Ha.

WA juga sering mamak pakai sebagai sarana promosi. Biasanya sih mamak pajang aja di story itu. Alhamdulillah rejeki ga kemana.

Di story WA pula, mamak suka berbagi informasi. Kadang info kegiatan seperti workshop, seminar, loker, dll. 

Sekarang sih story mamak lagi padat. Sampe titik-titik kecil. Ga keliatan lagi saking banyaknya. Ehehehe...

Mamak bersemangat mengedukasi tentang Virus Corona dan ikut mengampanyekan himbauan pemerintah untuk #diamdirumah serta melaksanakan #socialdistancing

Semoga materi-materi edukasi itu membawa manfaat bagi yang melihatnya. Aaamin.




#14hariantimatigaya
#ibulawancorona
#institutibuprofesional
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#BunsayBatch5
#KeluargaMultimedia
#day2

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter